Pages

Rabu, 12 September 2012

OSN GURU 2012 TINGKAT NASIONAL

OSN guru, wahana bagi guru untuk menumbuhkembangkan semangat kompitisi akademik untuk memotivasi peningkatan kompetensi bidang sains dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. OSN guru di adakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi dan tingkat Nasional .

Tujuan :
Menumbuhkembangkan budaya kompetitif
Meningkatkan wawasan pengetahuan, motivasi, kompetensi, profesionalisme dan kerja keras
Membina dan mengembangkan kesadaran ilmiah
Mengangat status guru sebagai penyandang profesi yang terhormat
Membangun komitmen mutu guru dan peningkatan mutu pendidikan

OSN-Guru Tingkat Kabupaten/Kota 2012. OSN guru 2012 tingkat Kabupaten/Kota diadakan Bulan April 2012 oleh Dinas Pendidikan kabupaten/kota. Cakupan materi disiapkan oleh Pusbangprodik, yang meliputi kemampuan pedagogik dan profesional. Cakupan materi dapat didownload di pusbangprodik.org. Juara I diambil untuk maju ke tingkat Provinsi.


OSN-Guru Tingkat Provinsi 2012. OSN guru 2012 tingkat Provinsi diadakan Bulan Juni 2012 oleh Dinas Pendidikan Provinsi. Naskah soal disiapkan oleh Pusbangprodik, yang meliputi kemampuan pedagogik dan profesional. Cakupan materi dapat didownload di pusbangprodik.org. Pengolahan dan penetapan pemenang oleh tim OSN-guru Pusat . Diambil 20 besar nasional untuk maju ke tingkat Nasional.

OSN-Guru Tingkat Nasional 2012.
OSN guru 2012 tingkat Nasional diadakan Bulan September 2012 oleh Pusbangprodik bekerjasama dengan Ditjen Dikdas, Ditjen Dikmen dan Dinas Pendidikan Prov. DKI Jakarta. Naskah soal disiapkan oleh Pusbangprodik, yang meliputi kemampuan pedagogik dan profesional. Pengolahan dan penetapan pemenang oleh tim OSN-guru Pusat.

Pada tingat nasional, semua peserta diharuskan menyerahkan :
  1. Risalah Akademik. Berisi tentang deskripsi keunggulan pribadi sebagai guru bidang studi. Format dapat dilihat di Pedoman Pelaksanaan OSN Guru (pusbangprodik.org)
  2. Karya Ilmiah/Pengembangan Profesi. Dapat berupa PTK atau hasil penelitian lain.

Seleksi dilakukan melalui:
  1. Tes tertulis teori (4 soal, 4 jam)
  2. TesPembelajaran dan Presentasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah. Peserta mengambil undian untuk memperoleh sebuah soal. Dari soal yang diperoleh, peserta diwajibkan untuk: 
  • Membuat media pembelajaran (PowerPoint). Berisi tentang SK/KD, tujuan, materi prasyarat, apersepsi, materi, contoh soal dan lain-lain yang pada akhirnya dapat mengarahkan siswa untuk dapat menyelesaikan soal yang diperoleh.
  • Membuat RPP
  • Praktek pembelajaran berbasis pemecahan masalah. Setiap peserta melakukan presentasi terbuka maksimum 30 menit termasuk Tanya jawab dari dewan juri.
.
Medali yang diperebutkan:
a. 1 medali emas.
b. 2 medali perak
c. 3 medali perunggu.

Selain itu ada penghargaan lain yaitu:
  1. The Best Theory, diberikan kepada peserta yang memiliki skor tertinggi pada tes teori.
  2. The Best Teaching Performance, diberikan kepada peserta yang memiliki skor tertinggi pada tes praktek mengajar.
  3. Honorable Mention, diberikan kepada peserta yang dapat mengerjakan soal dengan sempurna untuk soal yang menurut juri dianggap paling sulit.

Bagi rekan-rekan yang membutuhkan materi yang berjenaan dengan OSN-guru dapat diunduh melalui link berikut:

Hal-hal lain dapat ditanyakan melalui email santosasmaga@gmail.com, mudah-mudahan bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar